Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem pada penelitian ini adalah metode SDLC yaitu berupa tahapan-tahapan sebagai berikut :
1.    Analisis (Analysis)
Dalam tahap ini dilakukan pendefinisian masalah (meliputi mendefinisikan sasaran dan batasan sistem, mendefinisikan masalah yang dihadapi, mengidentifikasi penyebab masalah), dan analisis kebutuhan sistem (meliputi analisis kebutuhan hardware, kebutuhan software, kebutuhan pengguna, dan kebutuhan informasi).
2.            Perancangan (Design)
a.        Merancang Konsep
Pada tahapan ini yaitu merancang konsep yang menentukan keseluruhan pesan dan memeriksa semua urutan aplikasi yang akan dibuat.
b.        Merancang isi
Setelah merancang konsep yang telah disusun kemudian dapat dirancang isi mengenai apa yang disampaikan pada pembelajaran aksara jawa  yang akan dibuat, rancangan isi yang dimasukkan kedalam informasi yang disampaikan haruslah sesuai dengan konsep yang disusun serta tidak menyimpang dari tujuan, tentunya konsep yang inovatif dan unik, kami memadukan tiga unsur penting dalam multimedia yaitu teks, gambar dan suara dan animasi dimana teks digunakan untuk menyampaikan informasi secara visual, suara, animasi digunakan mengisi latar dan gambar untuk latar belakang tampilan aplikasi tersebut.
c.        Merancang Naskah
     Dalam tahap ini dirancang sebuah naskah berupa spesifikasi lengkap dari teks dan narasi untuk aplikasi yang akan dibuat
d.        Merancang Storyboard
Pada tahapan ini menuangkan apa yang ada didalam naskah kedalam  gambar nyata yang menggambarkan suatu urutan atau alur cerita yang diusulkan untuk aplikasi media pembelajaran aksara jawa.
e.    Merancang grafik
Merancang grafik meliputi merancang grafik dua dimensi (meliputi: merancang garis, merancang bentuk, merancang warna, dan merancang format), merancang audio, merancang animasi yang akan digunakan dalam aplikasi pembelajaran aksara jawa.
3.    Implementasi (Implementation)
Setelah sistem dianalisis dan didesain secara rinci, maka akan menuju tahap implementasi. Implementasi merupakan tahap merealisasikan sistem yang baru dikembangkan supaya nantinya sistem tersebut siap diimplementasikan sesuai dengan yang diharapkan. Tahapan yang termasuk dalam tahap ini adalah coding (pengkodean), testing (pengujian), installation (instalasi/pemasangan).
a.   Coding (Pengkodean)
ActionScript
ActionScript (Photo credit: Wikipedia)
Coding merupakan tahap implementasi dimana dilakukan pengkodean berdasarkan hasil rancangan yang telah dibuat sehingga berbentuk sistem yang sedemikian rupa seperti yang sudah direncanakan. Pengkodean ini dilakukan dengan menggunakan Flash Lite 1.1 ActionScript.
b.   Testing (Pengujian/pengetesan)
Tujuan utama dari pengetesan ini adalah untuk memastikan elemen-elemen atau komponen-kompenen dari sistem telah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Pengetesan perlu dilakukan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan atau kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Pada tahap pengetesan ini dilakukan dua macam pengetesan yaitu pengetesan sistem dan pengetesan penerimaan.
1)      Pengetesan sistem
Mengetes berfungsinya aplikasi media pembelajaran aksara jawa secara keseluruhan. Dalam tahap ini dilakukan pengetesan menggunakan handphone yang memiliki aplikasi flash lite player didalamnya Dalam pengujian ini penulis mengggunakan handphone Nokia N6300.


2)      Pengetesan penerimaan
Pengetesan yang dilakukan dengan metode Alpha test. Pengetesan dilakukan oleh para pengguna umum. Pada pengetesan ini  dilihat kualitas dari aplikasi, sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna atau belum. Pengetesan ini juga dilakukan untuk mendapatkan tanggapan dari pengguna tentang keramahan program dan tampilan
3)      Installation (Instalasi/pemasangan)

Instalasi merupakan tahap dimana aplikasi media pembelajaran aksara jawa yang dibuat dipasangkan atau diletakkan pada handphone pengguna supaya dapat dimanfaatkan dan mempunyai daya guna.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. CASINOSLOT88 | Casino, Hotel, Spa, Golf, Restaurants
    View CASINOSLOT88's 안동 출장샵 2021 event 안양 출장마사지 calendar and locate deals, plus shows, as well 보령 출장안마 as full 안동 출장안마 time reviews, at casinos, lounges, restaurants, 경상북도 출장마사지

    BalasHapus

 
Top
Blogger Template